PERUSAHAAN TAMBANG PT ADARO INDONESIA KALSEL SEDANG MENARGETKAN PRODUK BATUBARA BERLABEL ENVIRO-COAL, SOLUSINYA DAPAT DIPEROLEH MELALUI KAJIAN LIFE CYCLE ASSESSMENT (LCA) : SEMANGAT TIM PROPER ADARO DALAM MENGIKUTI TRAINING LCA PROPER

Foto Bersama Peserta Pelatihan dan Trainer
Foto Bersama Peserta Pelatihan dan Trainer

PresRelease. Kalsel, 5 Mei 2019
PT Adaro Indonesia merupakan perusahaan pertambangan terbesar Grup Adaro yang beroperasi di Kabupaten Tanjung Provinsi Kalimantan Selatan di bawah Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) dengan Pemerintah Indonesia. Dalam rangka menargetkan produk batubara yang berlabel enviro-coal serta meningkatkan kualitas Sumber daya manusia dibidang LCA, PT Adaro Indonesia mengadakan In-House Training LCA (Life Cycle Assesment) PROPER bekerjasama sama dengan Dakara Consulting dan ILCAN (Indonesia Cycle Assesment Network) .
Training ini dilakukan selama 4 hari yaitu pada tanggal 30 April – 3 Mei 2019 yang di laksanakan di Guest House Dahai, Paringin PT Adaro Mining, Kalimantan Selatan, Indonesia. Kegiatan training ini diikuti sebanyak 25 peserta dengan tujuan untuk meningkatkan LCA Proper di perusahaan mereka. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh perwakilan dari Dakara Consulting yaitu Mifta Nasution. Dalam sambutannya Mifta mengatakan bahwa “Dakara Consulting merupakan vendor atau Fasilitator yang sudah menjalankan beberapa Traing LCA PROPER dengan beberapa perusahaan dan Pihak Akademisi, Mifta juga mengatakan terima kasihnya kepada PT.Adaro Indonesia yang sudah mendukung Program Ketaataan Lingkungan melalui pelaksanaan Training LCA”.
Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Bapak Didik Triwibowo selaku perwakilan manajemen dari PT Adaro Indonesia Tbk. Beliau menyampaikan bahwa “ dalam kegiatan Training ini, semoga para peserta tetap semangat mengikutinya sampai hari terahir,dengan kegiatan ini diharapkan Tim Proper LCA dapat lebih semangat dalam meningkatkan peringkat diperusahaan agar dapat menuju Peringkat emas”. Dr. Edi Iswanto Wiloso selaku pembina ILCAN (Life Cycle Assessment Network) juga menyampaikan sambutannya dang mengenalkan ILCAN. Beliau mengatakan “ bahwa ILCAN merupakan organisasi yang telah berdiri semenjak tahun 2014 dan dari tahun 2015 telah bekerjasama dengan KLHK termasuk salah satunya dalam LCA”.

Sambutan Pak Didik Triwibowo
Sambutan Dr. Edi Iswanto Wiloso

Dalam Training LCA PROPER di Kalimantan Selatan ini ILCAN (Indonesia Cycle Assesment Network) mengirimkan trainer yang berkompeten dibidang LCA seperti Dr. Edi Iswanto Wiloso, Dr. Kiman Siregar dan Arief A.R, M,Eng. Dengan metode presentasi per kelompok dan study kasus mengenai pertambangan membuat peserta bersemangat dan antusias dalam menyimak materi yang di berikan.

Sebelum memulai memberikan materi, para peserta terlebih dahulu di beri soal Pre-Test tentang seberapa jauh pemahaman para peserta dari PT. ADARO ENERGY terhadap LCA, kemudian materi pun disampaikan secara lansung oleh Bapak Dr. Edi Iswanto Wiloso di hari pertama training dengan materi Latar Belakang dan Manfaat LCA sesuai dengan PerDirjen PPKL No.14 tentang Manajemen Lingkungan-Penilaian Daur Hidup- Prinsip dan Kerangka Kerja. Di hari kedua training materi pun disampaikan oleh Bapak Dr. Edi Iswanto Wiloso dan Bapak Dr. Kiman Siregar. Dimana meteri yang disampaikan pada hari kedua dengan dua pemateri yaitu tentang Efisiensi Sumber Daya dan Produksi Bersih serta Metode Penilaian Dampak Daur Hidup (LCIA). Kemudian di hari ketiga materi di sampaikan oleh bapak Dr. Kiman Siregar dengan memberikan materi Studi Kasus Penilaian Daur Hidup LCA (Life Cycle Assesment). Dihari keempat dengan semangat yang masih membara para peserta pun mendengarkan materi yang disampaikan oleh bapak Arief A,R, M.Eng yaitu materi dengan contoh penggunaan aplikasi Software Perhitungan Dampak.

Pada hari terakhir dilaksanakan Post-Test dan Kuesioner untuk mengetahui kemampuan peserta training selama 4 hari. Pada akhir kegiatan, training ini pun ditutup oleh perwakilan Dakara Consulting dan bapak Didik Triwibowo selaku perwakilan manajemen dari PT Adaro Indonesia. Semangat Tim Proper Adaro agar Emas ditangan!! !!. (www.dakara-consulting.com : cvmsp231105@gmail.com : 0813-1422-6989).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *